Jumat, 28 Oktober 2011

Mengapa Saya?

Baru-baru ini saya membaca Mazmur 131, salah satu mazmur favorit saya. Di masa lalu, saya memandang pasal tersebut sebagai suatu dorongan untuk memahami bahwa misteri adalah salah satu sifat Allah yang istimewa. Hal ini menantang saya untuk menenangkan pikiran saya, karena saya tidak dapat memahami semua yang sedang dikerjakan Allah dalam lingkup kekuasaan-Nya.

Namun, kemudian saya melihat sisi lain dari jiwa Daud yang tenang: Saya tidak dapat memahami semua yang sedang dikerjakan Allah dalam diri saya, bahkan mencoba untuk melakukannya saja mustahil.

Daud membuat suatu perbandingan antara seorang anak yang telah disapih yang tidak lagi merengek untuk sesuatu yang sebelumnya ia tuntut, dengan suatu jiwa yang telah belajar hal yang sama. Itulah panggilan untuk belajar memiliki kerendahan hati, ketabahan yang terus-menerus, dan rasa puas dalam semua keadaan saya—apa pun itu—meski saya tidak memahami maksud Allah. Pemikiran Allah melampaui daya tangkap pikiran saya.

Saya bertanya, “Mengapa aku menderita? Mengapa aku merasa susah?” Bapa menjawab, “Tenang, anakku. Kau tak akan memahaminya sekalipun aku menjelaskannya. Percaya saja kepada-Ku!”. Maka, saya pun beralih dari merenungkan tentang teladan Daud kepada mengajukan pertanyaan pada diri sendiri: Dapatkah saya, dalam segala keadaan saya, “berharap kepada Tuhan” (ay.3)? Dapatkah saya menanti dalam iman dan kesabaran tanpa merengek dan tanpa mempertanyakan hikmat Allah? Dapatkah saya mempercayai-Nya ketika Dia mengerjakan dalam diri saya kehendak-Nya yang baik, berkenan dan sempurna? —DHR

Mungkin bukan bagianku
Untuk memahami arti dan misteri
Dari yang direncanakan Allah bagiku
Sampai suatu hari nanti! —NN.
 
Dalam dunia yang penuh misteri, bahagialah kita mengenal Allah yang mengetahui segala sesuatu.
 
sumber: RBC
 
_____ 
Apakah Anda diberkati dengan artikel diatas? Bila ya, silahkan bagikan artikel diatas kepada saudari/a atau teman-teman Anda, supaya hidup Anda juga dapat menjadi saluran berkat bagi sesama. God bless you!

www.dailybibletalks.blogspot.com
Facebook page, search and like : Daily Bible Talks
Twitter, follow us @DailyBibleTalks
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar