Kamis, 08 September 2011

Mau ngapain di hari Sabat?

Matius 12:10-11 Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya. Mereka bertanya kepada- Nya: " Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat? " Maksud mereka ialah supaya dapat mempersalahkan Dia.
Tetapi Yesus berkata kepada mereka: " Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia akan menangkapnya dan mengeluarkannya?

»Apakah Sabat itu? Ada beberapa jawaban yang muncul, Sabat adalah hari libur, Sabat adalah satu hari perhentian penuh setelah enam hari bekerja, serta jawaban Sabat artinya pergi ke gereja. Sekedar informasi tambahan, Sabat bagi orang Yahudi bukanlah hari minggu melainkan sabtu

Yang lebih penting disini, apa yang kita perbuat dihari ketujuh (Sabat)? Mengikuti ibadah raya secara berjemaat di gereja itu baik, tetapi ada yang lebih baik lagi untuk dilakukan. Apakah itu? Firman Tuhan kali ini membahas bahwa Yesus mengisi hari Sabat dengan membagi-bagikan berkat (dalam hal ini, berkat kesembuhan)

Bagaimana dengan kelakuan kita di hari Sabat? Rupa-rupanya tidak cukup bagi kita ber-Sabat hanya dengan berjemaat digereja. Jikalau kita mau menteladani Yesus, artinya kita harus berbuat lebih pada hari Sabat. Artinya bukan dengan beribadah supaya diri sendiri diberkati, namun mari kita ambil bagian dalam pelayanan (bisa didalam gereja, maupun dalam organisasi sosial lainnya) supaya melalui usaha/tangan/keberadaan kita, oranglain beroleh berkat dari Allah juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar